Resep rendang daging padang enak paling nikmat

October 3, 2015 | By Admin | Filed in: Resep daging sapi.

Siapa sih, orang Indonesia yang tidak mengenal masakan rending? Masakan rendang adalah masakan Indonesia yang sangat terkenal, bahkan masakan dari daerah padang ini menduduki masakan paling enak nomor 1 di dunia. Dibalik rasanya yang enak ternyata tidak semata mata dari cara memasaknya saja, namun terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menghasilkan masakan padang yang nikmat.

Hal yang sangat penting untuk di perhatikan adalah cara pemilihan dahing yang berkualitas baik dan segar, jangan lewatkan juga dengan pemilihan bahan kelapa untuk santan. Santan kelapa dari kelapa yang tua memiliki citarasa yang lebih gurih. Selain beberapa tehnik diatas terdapat juga beberapa hal yang harus diperhatikan dalam racikan bumbu juga tehnik memask rendang yang benar.

Kali ini kami akan mengajak anda untuk mempelajari bagaimana cara memasak rendang agar memiliki tekstur dan rasa yang pas.

1 Pemilihan daging

Daging yang paling baik dan cocok untuk dimasak rendang adalah daging gandik yaitu daging sapi pada bagian paha belakang sapi terluar dan paling dasar. Daging gandik memiliki tektur lebih padat sehingga tidak mudah hancur saat proses memasak yang lama, namun jika anda lebih suka dengan tektur lembut anda dapat memilih daging sengkel. Saat memilih daging pastikan bahwa daging yang anda beli masih dalam keadaan segar dengan warna merah tua, tidak berbau dan kenyal.

Untuk memudahkan anda mengenali bagian bagian dari daging sapi, berikut ini gambarnya.

Gambar bagian bagian daging sapi

Gambar bagian bagian daging sapi

2. Pemotongan Daging

Selain memperhatikan dagi kualitad daging anda juga harus memperhartikan dari setiap potongan daging. Daging rendang akan lebih baik jika dipotng kotak agak tebal agar bentuknya tetap bagus setelah direbus. Jangan lupa untuk memperhitungkan penyusutan daging setelah direbus agar tetap pantas saat di sajikan.

potongan daging

Potongan daging

potongan daging rendang

Gambar potongan daging rendang

3. Cara mengolah daging rendang

Untuk menciptakan rasa enak pada daging rendang harus berani dengan bumbu halus/dadaknya. Santan dan kemiri merupakan kmponen penghasil banyak dedak dalam rendang. Agar daging rendang senantiasa berarir, masukkan daging rendang setelah santan mendidih.

Pada awal atau pertama kali merebus, gunakanlah santan encer kemudian direbus dengan menggunakan api sedang hingga daging setengah matang. Setelah setengah matang kecilkan apinya dan rebus terus daging rendang hingga matang dan bumbu meresap kedalam daging, waktu perebusan daging rendang minimal 4 jam.

Jika santan encer sudah mulai mengering langkah selanjutnya masukkan kembali santan kental. Jika daging sapi sudah mulai empuk jangan mengaduk rendang, cukup dorong daging dengan punggung sendok kayu agar daging tidak hangus.

4. Menyelesaikan Perebusan

Langkah terakhir yang perlu di perhatikan dalam mengolah rendang adalah tekstur rendang. Anda dapat membuat tekstur basah atau yang biasa disebut dengan kalio. Jika anda suka dengan tekstur kalio anda dapat menghentikan proses memasak rendang pada saat kuah menjadi kental dan minyak rendang sudah keluar banyak.

Lain halnya sebaliknya bagi anda yang suka dengan tekstur rendang yang kering. Agar daging tidak sampai hancur anda dapat mengeluarkan dagingnya terlebih dahulu kemudian meniriskannya.

Demikian tadi adalah beberapa cara memasak rendang, dan berikut ini adalah resep cara membuat rendang.

Bahan:

  • 1 kilogram daging gandik
  • 2 lembar daun kunyit
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh, di memarkan
  • 1 ruas jari lengkuas dimemarkan
  • 1 ruas jari jahe dimemarkan
  • 4 buah kelapa lalu ambil santannya, bagi dalam dua bagian, santan encer dan santan kental

Bumbu dihaluskan

  • 150 gram cabai merah lalu haluskan
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • garam secukupnya

Cara membuat rendang paru cukuplah mudah, berikut ini caranya

  1. Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan
  2. Potong ptong daging sapi sesuai selera
  3. Rebus santan encer bersama dengan bumbu, daun kunyit, daun jeruk, daun sereh, lengkuas juga jahe Aduk aduk.
  4. Kemudian  masukkan daging dan rebus hingga setengah matang, masukkan kembali santan kental dan rebus kembali, terus rebus santan dan bumbu sampai mengeluarkan minyak, angkat minyaknya sambil terus merebus bumbu hingga kering dan bewarna coklat tua kehitaman, Ingat… jangan sampai gosong, jadi anda harus terus mengaduknya.

Catatan : Setelah daging matang anda dapat mengangkatnya dan meneruskan proses perebusan bumbu, agar daging tidak hancur.

Masakan rendang merupakan menu masakan yang cukup lama dalam proses memasaknya, namun rasa lelah anda akan terbayar dengan citarasa rendang yang nikmat yang menjadi masakan nmor 1 paling enak di dunia.


Tags: , ,

Comments are closed here.